Peran Orang Tua sebagai Pendamping Anak TK di Rumah di Kelurahan Longat Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya peran orang tua sebagai pendamping anak belajar di rumah ketika pandemi di Kelurahan Longat Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam kegiatan belajar anak sebagai pendamping anak belajar di rumah dan untuk mengetahui aktivitas yang dilakukan anak dan orang tua ketika di rumah. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah orang tua yang memeiliki anak usia dini yang berjumlah 37 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah peran orang tua sebagai pendamping anak belajar di rumah dan aktivitas anak di rumah. instrument pengumpulan data yaitu menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa Peran orang tua sebagai pendamping anak TK belajar di rumah di Kelurahan Longat Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal masih berada pada kategori Tinggi dengan kategori persentase sebesar 73% sebanyak 34 orang tua dari 37 orang tua anak, dan aktivitas belajar anak di rumah di Kelurahan Longat Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal dinyatakan Tinggi dari 5 aktivitas anak yang sebelumnya ada 7 aktivitas anak. Skor yang diperoleh dari nilai rata-rata indikator variabel aktivitas anak belajar di rumah yaitu sebesar 71%.