Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana anak mendengarkan media audio visual, bagaimana anak mempresepsi isi media audio visual, bagaimana anak menganalisis isi media audio visual dan bagaimana anak memahami isi media audio visual di Tk Parulian 2 Medan. Penelitian ini mempunyai sampel, sampel penelitian ini berjumlah 3 orang anak kelas B2 di TK Parulian 2 Medan Jl. Garuda Raya No. 11, Tegal Sari Mandala II, Kec. Medan Denai, Kota Medan, Sumatera Utara. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kemampuan menyimak anak melalui penggunaan media audio visual anak usia 5-6 Tahun TK Parulian 2 Medan, Tegal Sari Mandala II, Kec. Medan Denai, Kota Medan. Hal ini berdasarkan atas hasil penelitian secara keseluruhan yang menyatakan bahwa pada kelas 2B kemampuan menyimak melalui penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar anak, mampu menjawab pertanyaan sesuai dengan media audio visual yang ditampilkan. Anak dapat memilah atau membedakan isi didalam media audio visual dengan ketiga video yang berbeda-beda. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan menyimak anak melalui penggunaan media audio visual dikatakan mulai berkembang kearah yang baik karena anak mulai mampu menjawab pertanyaan, menceritakan kembali apa yang ia dengar dan anak memberikan perhatian yang baik selama proses pembelajaran.