Analisis Kemandirian Anak Usia Dini 5-6 Tahun Dalam Pembelajaran Daring Di TK Parulian 2 Medan
Daftar Isi:
- Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui permasalahan dan kendala kemandirian anak usia dini 5-6 tahun dalam mengikuti pembelajaran daring di kelas TK B1TK Parulian 2 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan merujuk kepada penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata dari hasil observasi dan wawancara. Fokus penelitian berjumlah sebanyak 5 orang anak dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 4 orang anak usia 5-6 tahundi kelas B1 TK Parulian 2 Medan yang memiliki permasalahan kemandirian. Anak masih tergantung pada orang lain, tidak bertanggung jawab atas tugas yang diberikan, terlalu banyak bermain, kurang perhatian dan kasih sayang orangtua menjadi penyebab utama dalam perkembangan kemandirian anak. Kiranya orangtua lebih terlibat dalam pengembangan kemandirian anak dalam pembelajaran daring untuk memperbaiki kemandiriannya menjadi lebih baik.