EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM SIRKULASI MANUSIA KELAS XI IPA SMA SANTA MARIA TARUTUNG DALAM PEMBELAJARAN DARING
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem sirkulasi manusia kelas XI IPA SMA Santa Maria Tarutung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Pre Experimental dengan menggunakan rancangan one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 36 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalaui pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh peningkatan hasil belajar siswa sebesar 48,11%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test sebesar 34,44 dan post-test sebesar 82,55. Berdasarkan hasil belajar keterampilan (Produk) diperoleh bahwa nilai keterampilan dengan kriteria sangat baik 13 siswa, kriteria baik 12 siswa dan kriteria cukup baik 11 siswa. Tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 86,11% (tuntas), Tingkat penguasaan materi siswa sebesar 82,55% (tinggi) dan rata-rata N-Gain menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 74,16% (tinggi). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning efektif digunakan pada saat pembelajaran daring.