Pengembangan Bahan Ajar Kontekstual Berbasis Evaluasi HOTS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Nilai Karakter Siswa Pada Materi Asam Basa di SMA N 4 Pematang Siantar

Main Authors: Claudia Sianipar, Frida, Sitorus, Marham
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/46991/1/TextFile.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/46991/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar kontekstual dan meningkatkan hasil belajar dan nilai karakter siswa mata pelajaran kimia asam basa. Jenis penelitian adalah R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Pengembangan didasarkan pada instrumen BSNP, dengan hasil kelayakan isi 4,66, kelayakan bahasa 4.4, kelayakan penyajian 4,48, kelayakan kegrafikan 4,75 dan aspek kontekstual 4,33 ataukriteria valid sehingga dapat diimplementasikan.Penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen XI IPA1 dan kelas kontrol XI IPA2. Kelas eksperimen menggunakan bahan ajar kontekstual yang telah dikembangkan, sedangkan kelas XI kelas kontrol menggunakan buku pegangan yang disediakan sekolah sebagai sumber belajar, dengan skor rata rata pretes adalah 46,5 dan skor rata-rata skor postes adalah 76. Hasil uji hipotesis pertama untuk dengan α = 0,05 dan db = n-1 =20-1=19 adalah 2.024 dan thitung =9.704. Hasil uji hipotesis kedua yaitu nilai karakter diperoleh thitung=10,639. Karena thitung >ttabel, maka disimpulkan bahwa Ha diterima. Dengan demikian pembelajaran dengan bahan ajar asam basa berbasis kontekstual efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan nilai karakter siswa. Hasil uji hipotesis ketiga diketahui bahwa thitung 0,556 > ttabel sebesar 0,444 (α = 0.05), berarti terdapat hubungan yang positif dan memiliki tingkat hubungan yang cukup antara hasil belajar dengan nilai karakter siswa setelah menggunakan bahan ajar kontekstual.