Daftar Isi:
  • Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran video animasi menggunakan SketchUp. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan kualitas media pembelajaran video animasi menggunakan SketchUp pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung Secara Daring di Kelas XI DPIB 3 SMKN 2 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan four-D (4D) oleh Thiagarajan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap define meliputi tahapan analisis masalah dan pengumpulan informasi seperti analisis sasaran karakter siswa, analisis kebutuhan materi, serta merumuskan tujuan pembelajaran. Tahap design meliputi 1) penyusunan kriteria sasaran, 2) pemilihan media, 3) pembuatan flowchart, video animasi dan storyboard, 4) produk awal. Tahap develop meliputi tahapan a) uji validasi ahli, b) revisi, c) uji coba produk, d) penyempurnaan produk akhir. Tahap disseminate dilakukan penyebaran media melalui link google drive ke whatsup group untuk siswa dan media flashdisk dan CD kepada sekolah dan guru pengampu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata rata hasil validasi produk yang dilakukan menggunakan media pembelajaran video animasi SketchUp pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung di kelas XI DPIB 3 SMKN 2 Medan dinyatakan “sangat layak” digunakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentasi validasi ahli media sebesar 96%, validasi ahli materi sebesar 97% dan penilaian rata rata siswa sebesar 86% menunjukan kriteria yang sangat layak.