Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mngembangkan media pembelajaran dengan menggunakan pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi lectora inspire pada mata pelajaran kontruksi dan utilitas gedung dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi lectora inspire pada mata pelajaran kontruksi dan utilitas gedung. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah mata pelajaran kontruksi dan utilitas gedung kelas XI Desain Pemodelan dan Informatika Bangunan SMK N 5 Medan. Subjek dari penelitian ini adalah dua ahli materi yang masing-masing dari Dosen Fakultas Teknik dan Guru Bidang Studi, satu ahli media berasal dari Dosen Fakultas Teknik dan 10 siswa kelas XI Desain Pemodelan dan Informatika Bangunan SMK N 5 Medan. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran menunjukkanbahwa dari dua ahli materi diperoleh hasil penilaian sebesar 3,38 dengan interpretasi kelayakan “sangat layak” untuk digunakan sebagai media pembelajaran, penilaian satu ahli media diperoleh nilai hasil validasi media sebesar 3,73 dengan interpretasi kelayakan “sangat layak” untuk digunakan sebagai media pembelajaran dan dari 10 siswa diperoleh nilai rata-rata penilaian sebesar 3,42 dengan interpretasi akseptansi “sangat tinggi”. Berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media dan pengguna tersebut maka media pembelajaran layak digunakan sebagai media pembelajaran.