Daftar Isi:
  • Penguasaan kosa kata anak dimulai dari belajar kosa kata saja. Saat anak mulai belajar berbicara, kemudian berkembang seiring perkembangannya. Ada tiga jenis kosa kata yang sangat penting bagi perkembangan kosa kata anak, antara lain kata benda, kata kerja dan kata sifat. Namun, dalam melaksanakan kegiatan teknis dan persiapan yang kurang matang menjadi akar permasalahan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksaan kegiatan 3 jenis penguasaan kosakata yang sudah disebutkan bersesuaian dengan tiap-tiap penguasan kosakata. Jenis penelitian yang dilakukan berupa penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tinggi rendahnya tingkat penguasaan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Kartika 1-39 Kecamatan Gebang. Populasi dalam penelitian ini adalah 1 kelas anak B dengan rentang usia 5 tahun berjumlah 5 orang anak dan usia 6 tahun berjumlah 10 orang anak, dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 orang anak kelas B. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa observasi juga didukung oleh dokumentasi dan melihat secara langsung pada saat anak bermain bersama teman yang lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kosakata anak jika dilihat secara menyuluruh sudah melaksanakan 3 jenis kosakata sesuai dengan aspek yang semestinya dilakukan dengan kategori BSB (Berkembang Sangat Baik) untuk setiap anaknya. Namun ada satu orang anak yang masih kurang dalam mengucapkan kosakata dikarenakan anak susah untuk diajak bercerita oleh guru dan teman lainnya.