Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Komputer Untuk Mengajarkan Laju Reaksi Pada Siswa SMA
Main Authors: | Nababan, Julianse Lydia, Silaban, Ramlan |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/46940/1/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/46940/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya kualitas media pembelajaran dalam mendukung kecerdasan kognitif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media pembelajaran berbasis komputer yang dibutuhkan untuk mengajarkan materi Laju Reaksi pada siswa SMA. Untuk mencapai tujuan, dilakukan penelitian jenis survei ke beberapa guru dan siswa SMA di Kota Medan dengan menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan menggunakan instrumen nontest berupa kuisioner dan lembar wawancara kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 83.3% siswa menilai bahwa dalam mengajarkan Laju Reaksi, umumnya guru menggunakan media pembelajaran yang tidak bervariasi dan tidak mendukung interaksi aktif membuat pembelajaran tersebut terkesan monoton sehingga minat siswa dalam proses pembelajaran pun berkurang. Disisi lain, hampir 89% siswa telah dapat mengakses media pembelajaran dengan perangkat pribadi dan 11% dapat mengakses media pembelajaran dengan perangkat umum. Para siswa berharap agar guru menggunakan media pembelajaran interaktif melibatkan banyak indera dalam proses pembelajaran, sehingga semakin banyak indera yang terlibat maka semakin banyak informasi yang diterima dan bertahan lama dalam ingatan siswa. Adapun spesifikasi media interaktif yang dimaksud dapat offline maupun online yang sesuai dengan kondisi pembelajaran yang dibutuhkan untuk menunjang kecerdasan kognitif siswa dalam materi kimia laju reaksi dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 78.