Daftar Isi:
  • Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah guru belum pernah mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sendiri serta belum tersedianya Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Predict-Observe- Explain (POE) untuk menigkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Predict-Observe-Explain (POE) Pada tema Cita-citaku kelas IV SDN 100604 Sigalangan T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan desain ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 100604 Sigalangan sebanyak 21 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 100604 Sigalangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket, dan test. Serta teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis data kualitatif, dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Layak” persentase dari hasil validasi materi muatan IPA menunjukkan 92,63% dinyatakan Sangat Layak dan hasil validasi materi muatan Bahasa Indonesia menjunjukkan 90,52% dinyatakan Sangat Layak. Dan untuk persentase dari hasil validasi desain menunjukkan 96,25% dinyatakan Sangat Layak. Efektivitas LKPD pada Pretest memperoleh rata-rata ketuntasan sebesar 61% dan setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Predict-Observe-Explain (POE) perolehan rata rata ketuntasan nilai postest adalah sebesar 84%. Praktikalitas LKPD diperoleh melalui hasil penilian oleh ahli praktisi dengan hasil persentase sebesar 93,84% dan termasuk ke dalam kategori sangat praktis. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Predict-Observe-Explain (POE) pada tema Cita-citaku kelas IV SDN 100604 Sigalangan layak, efektif, dan praktis digunakan dalam pembelajaran