Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Asam Basa
Main Authors: | Surbakti, Eratania, Dalimunthe, Makharany |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/46931/1/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/46931/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan LKPD berbasis discovery learning pada materi asam basa yang telah sesuai standar BSNP; (2) Penilaian peserta didik terhadap LKPD berbasis discovery learning pada materi asam basa yang telah dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Binjai dengan subjek yang diteliti adalah kelas XI PMS 3 SMA Negeri 2 Binjai. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi BSNP dan angket penilaian siswa terhadap LKPD yang telah dikembangkan. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan metode R&D dengan mengadopsi model ADDIE dengan tidak dilakukan tahap Implementation dan Evaluation. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) LKPD yang telah dikembangkan sesuai dengan standar kelayakan BSNP divalidasi oleh ahli materi dan ahli media yang merupakan Dosen UNIMED dan Guru Kimia SMA Negeri 2 Binjai dengan memperoleh nilai presentase rata-rata total dari ahli materi sebesar 89,9% dengan kriteria “sangat layak” dan nilai persentase rata-rata total dari ahli media sebesar 88,1% dengan kriteria “sangat layak”; (2) LKPD yang telah dikembangkan ditanggapi kemenarikannya oleh peserta didik dengan menggunakan angket tanggapan yang diberikan kepada peserta didik melalui google form dan diperoleh nilai persentase rata-rata total dari peserta didik sebesar 83,7% dengan kriteria “sangat menarik”.