Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan mengetahui besar Pengaruh minat masuk kejuruan dan efikasi diri dengan hasil belajar mata pelajaran menggambar teknik kelas X program keahlian teknik pemesinan SMKS PAB 1 Helvetia. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional, menggunakan instrumen angket model Likert dan tes hasil belajar. Sampel penelitian berjumlah 70 siswa dan digunakan keseluruhan populasi untuk mengetahui gambaran penelitian dengan tingkat kesalahan 5%. Uji validitas instrumen menggunakan koefisien korelasi Product Moment, dan uji realibilitas (Alpha Cronbach). Hasil penelitian dianalisis menggunakan koefisien korelasi Product Moment, Korelasi Parsial, Korelasi Ganda menggunakan program Microsoft office excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan; (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat masuk kejuruan dengan hasil belajar menggambar siswa kelas X SMKS PAB 1 Helvetia. Persamaan regresi (Y ) ̂= 30,04 + 0,385 X1, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,434; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi diri dengan hasil belajar menggambar siswa kelas X SMKS PAB 1 Helvetia. Persamaan regresi (Y ) ̂= 34,84 + 0,358 X2, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,397; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat masuk kejuruan dan efikasi diri dengan hasil belajar menggambar siswa kelas kelas X SMKS PAB 1 Helvetia. Persamaan regresi (Y ) ̂= 22,44 + 0,274 X1 + 0,203 X2, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar (r2 = 0, 224). Hasil analisis regresi sebagai berikut: Fh = 9,686 harga Ft = 3,133 pada taraf signifikan 5%, sehingga Fh > Ft (9,686 > 3,133). Demikian variabel minat masuk kejuruan, efikasi diri, dan hasil belajar mata pelajaran menggambar teknik memiliki pengaruh yang positif dan signifikan.