Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Macromedia Flash Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Ikatan Kimia Siswa

Main Authors: Br. Tarigan, Cessya Novian, Sugiharti, Gulmah
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/46925/1/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/46925/
Daftar Isi:
  • Learning(PBL) dengan menggunakan Macromedia Flash terhadap aktivitas dan hasil belajar ikatan kimia siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Tebing Tinggi yang berjumlah 7 kelas dengan total 245 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil dengan teknik random sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes objektif pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah dianalisis dan memenuhi syarat serta instrumen non tes berupa lembar observasi aktivitas dan angket responsiswa terhadap Macromedia Flash. Sebagai prasyarat uji hipotesis, data hasil belajar siswa kedua kelompok sampel diuji normalitas dan homogenitas untuk mengetahui data kedua kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen, lalu menguji N-Gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, menghitung angket respon siswa dan melakuan uji t-pihak kanan dengan kriteria taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil pengolahan data hasil belajar diperoleh thitung=4,633 ttabel=1,6645 dan aktivitas diperoleh thitung=4,5604 dan ttabel= 1,6645 dimana thitung>ttabel yang menunjukkan bahwa tolak Ho dan terima Ha sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar dengan model Problem Based Learning menggunakan Macromedia Flash terhadap aktivitas dan hasil belajar ikatan kimia siswa