Implementasi Asesmen Kompetensi Minimum Materi Asam Basa Konteks Saintifik
Main Authors: | Nabilatunnisa, Nabila, Siswaningsih, Wiwi, Nahadi, |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/46921/1/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/46921/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan soal AKM dan teks membaca pada konteks saintifik memenuhi kriteria tes yang baik dan layak ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dan validasi. Partisipan pada penelitian ini berjumlah 31 siswa kelas XII di salah satu SMA Kota Cirebon. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah instrumen AKM materi asam basa konteks saintifik. Terdiri atas 4 teks, setiap teks memiliki minimal 3 soal dengan 3 level kognitif literasi membaca AKM. Secara keseluruhan, 13 soal yang baik dan layak, dengan analisis kualitas tes 13 soal valid berdasarkan validitas isi nilai CVR 1,00 dan 13 soal valid berdasarkan validitas empiris menggunakan koefisien point biserial dan pearson product- moment. Reliabilitas pada soal objektif menggunakan KR-20 sebesar 0,66 dengan kriteria tinggi dan pada soal non-objektif menggunakan Cronbach Alpha sebesar 0,50 dengan kriteria sedang. Daya pembeda 11 soal sebesar 0,25-0,75 dengan kriteria dapat diterima, 2 soal sebesar 0,125 dengan kriteria direvisi. Tingkat kesukaran 7 soal sebesar 0,7-0,96 dengan kriteria soal mudah, 4 soal sebesar 0,29-0,72 dengan kriteria sedang, dan 2 soal sebesar 0,19-0,25 dengan kriteria soal sukar