Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Proyek Berorientasi KKNI Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa
Main Authors: | Nainggolan, Bajoka, Situmorang, Manihar, Silaban, Ramlan |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/46911/1/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/46911/ |
Daftar Isi:
- Penelitian dan pengembangan dengan metode ADDIE ini bertujuan untuk menemukan model pembelajaran MPjBL-KKNI inovatif yang valid, praktis, dan efektif, dengan tahapan (1) Analisis kebutuhan, (2) pengembangan model beserta perangkatnya, (3) validasi standarisasi, (4) uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, kelompok besar, lapangan/classical, (5) uji efektivitas, dan uji keterlaksanaan model. Sampel terdiri dari Kurikulum berbasis KKNI, perangkat model, validator ahli (ahli materi, media, R&D, bahasa), mahasiswa . Data diperoleh dengan instrument yang sudah valid. Kompetensi mahasiswa dilihat dari pretest dan postest. Implementasi MPjBL-KKNI terhadap sampel, diperoleh data dan dianalisis dengan ANAVA menggunakan SPSS type 23. Produk penelitian (1) MPjBL- KKNI inofatif valid, efektif, praktis, layak digunakan, (2) Pengujian efektivitas menunjukkan efek nyata terhadap hasil belajar. Pada uji coba kelompok kecil diperoleh M=51,90%, kategori sedang, efektif, kelompok besar diperoleh M=59,62%, kategori sedang, efektif, uji coba lapangan (classical), berdampak nyata dengan M=70,41%, katerogi tinggi, sangat efektif. Penilaian responden terhadap model MPjBL- KKNI sangat layak dengan M= 3,32. Indek kepuasan mahasiswa sangat puas dengan M=86,22%. Indeks kinerja mahasiswa sangat baik dengan M= 85,71%. Kompetensi Kimia Organik Fisik mahasiswa sangat kompeten dengan M=92,4%,. Pencapaian ranah kognitif 90,8%, ranah psikomotorik 97,6%. Sikap mahasiswa dalam pembelajaran sangat berpengaruh secara simultan dalam peningkatan kompetensi pengetahuan dan keterampilan.