Validasi dan Respon Media Video Animasi (PowToon) Berbasis ReligiusPada Pembelajaran Ikatan Kimia
Main Author: | Tanjung, Ade Kurnia |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/46909/1/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/46909/ |
Daftar Isi:
- Dalam perkembangan teknologi dan dunia pendidikan, video animasi dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. Maka dilakukan penelitian untuk validasi dan respon media video animasi (PowToon) berbasis religius pada mata pelajaran ikatan kimia dengan tujuan untuk mengetahui kategori kelayakan ditinjau dari validasi ahli materi, ahli media dan respon siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, ahli media dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) persentase hasil dari ahli materi pada aspek pendidikan sebesar 89.5% dan aspek ketepatan materi sebesar 88.3% dinyatakan sangat baik, (2) persentase hasil dari ahli media pada aspek media sebesar 96.2%, aspek tampilan program sebesar 86.7% dan aspek kualitas teknik, keefektifan program sebesar 84.4% dinyatakan sangat baik, (3) persentase penilaian oleh siswa pada aspek tampilan dan keefektifan sebesar 94.8% dinyatakan sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa media video animasi (PowToon) berbasis religius pada mata pelajaran kimia ini masuk kategori layak digunakan sebagai media pembelajaran.