Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana (1) pengembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun; (2) upaya guru dalam pengembangan motorik kasar anak; (4) upaya orangtua dalam pengembangan motorik kasar anak di TK Kemala Bhayangkari 03 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi. Sumber data dalam penelitian ini adalah 11 orang anak, 1 orang guru kelas dan orangtua dari 11 anak. Pengumpulan data menggunakan catatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaksi. Hasil penelitian menujukan bahwa gambaran pengembangan motorik kasar anak yang diberikan stimulus oleh guru dengan menggunakan fasilitas disekolah dan orang tua dilingkungan fasilitas dirumah. Pengembangan motorik kasar anak juga dipengaruhi oleh faktor dengan penggunaan waktu orang tua dan media yang diberikan atau fasilitas yang diberikan serta stimulus yang diberikan oleh guru disekolah. Upaya yang dilakukan guru dalam pengembangan motorik kasar anak dapat menggunakan fasilitas dan media yang digunanakan oleh guru bervariasi.