Analisis Model Rasch: Identifikasi Instrumen Tes Representasi Kimia Topik Materi Berdasarkan Kurikulum Cambridge
Main Authors: | Hamzah, Mufti Muhammad, Eliyawati, E., Agustin, Rika Rafikah |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/46885/1/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/46885/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi instrumen tes dengan menggunakan model analisis rasch untuk mengukur pemahaman repsesentasi kimia siswa pada topik Materi berdasarkan Kurikulum Cambdrige. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan subjek penelitian sebanyak 57 siswa kelas 8 SMP. Instrument tes terdiri dari 30 soal pilihan ganda dan dikerjakan oleh siswa yang telah mempelajari topik materi. Hasil penelitian ini menunjukan nilai Cronbach α sebesar 0,83 yang berarti interaksi siswa dengan item soal berada pada kategori bagus sekali, reliabilitas soal sebesar 0,90 (bagus), dan reliabilitas siswa sebesar 0,81 (bagus). Dengan mempertimbangkan nilai Outfit MNSQ, Outfit ZSTD, dan Point Measure Correlation, terdapat tiga soal yang tidak fit sehingga ketiganya tidak bisa digunakan sebagai instrumen tes. Penelitian ini dapat digunakan untuk penelitian pengembangan instrument tes yang sejenis ataupun untuk penelitian selanjutnya mengenai implementasi instrument tes dalam pembelajaran topik materi.