Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X IIS SMA GKPI Padang Bulan Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan melihat Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X IIS SMA GKPI Padang Bulan Medan T.A 2021/2022 dengan materi Perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintahan dan budaya pada masa kerajaan Islam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dan jenis penelitian kuantitatif. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah test soal uji coba siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampel. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IIS 1 berjumlah 30 siswa dan X IIS 2 berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar siswa Kelas X IIS 2 yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture sebelum diberi perlakuan rata-rata nilai pretest sebesar 42.93 dan setelah diberikan perlakuan sebesar 83.47. 2) Hasil belajar siswa Kelas X IIS menggunakan Model Pembelajaran PBL sebelum diberi perlakuan rata-rata nilai pretest sebesar 39.87 dan setelah diberikan perlakuan sebesar 77.33. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar sejarah siswa yang menggunakan model Pembelajaran Picture and Picture dengan Model pembelajaran PBL, hal ini terbukti melalui pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan taraf kesukaran