Pengaruh Pemberian Penguatan (Reinforcement) Guru Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tema 7 Subtema 1 Kelas IV SD Negeri 106194 Karang Tengah Kec. Serba Jadi Ta 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian penguatan terhadap keaktifan belajar siswa pada tema 7 subtema 1 keragaman suku bangsa dan agama di negeriku kelas IV SDN 106194 Karang Tengah Kec. Serba Jadi T.A 2021/2022. Dalam penelitian ini metode analisis data yang digunakan dalam menganalisis masalah di dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kuantitatif. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini yaitu siswa SDN 106194 Karang Tengah Kec Serba Jadi dan sample penelitiannya yaitu sebanyak 30 siswa. Adapun instrument dalam penelitian ini berupa angket yang berjumlah 15 butir pernyataan yang sudah divalidkan oleh dosen ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguatan guru kelas IV SDN 106194 Karang Tengah tergolong dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 60%. Demikian juga halnya dengan tingkat keaktifan belajar siswa kelas IV SDN 106194 Karang Tengah juga tergolong dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 30%. Berdasarkan hasil Uji T menunjukkan bahwa variabel penguatan guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel keaktifan belajar siswa kelas IV SDN 106194 Karang Tengah T.A 2021/2022. Sedangkan dari hasil perhitungan uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa nilai R Square sebesar 0,318 yang artinya pengaruh variabel penguatan guru (X) terhadap variabel keaktifan belajar siswa (Y) adalah sebesar 31,8% (0,318 x 100%) berada dalam kategori rendah