Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Motivasi Kerja siswa kelas XI TITL SMKN 2 Medan, (2 Kompetensi Kerja terhadap Motivasi Kerja siswa kelas XI TITL SMKN 2 Medan, (3) Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha siswa kelas XI TITL SMKN 2 Medan, (4) Kompetensi Kerja terhadap Minat Berwirausaha siswa kelas XI TITL SMKN 2 Medan, (5) Motivasi Kerja terhadap Minat Berwirausaha siswa kelas XI TITL SMKN 2 Medan. Penelitian ini termasuk penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 140 siswa kelas XI TITL di SMKN 2 Medan dengan sampel penelitian sejumlah 103 responden. Pengambilan sampel dilakukan scara rendom. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan melalui tes pilihan ganda dan kuesioner. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji koefisien korelasi. Teknik analisis data menggunakan teknik path analysis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh positif Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Motivasi Kerja siswa kelas XI TITL SMKN 2 Medan, ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar daripada ttabel, yaitu (2,415 > 1,660) pada signifikansi 0,05 dan nilai signifikansi 0,018. (2) Terdapat pengaruh positif secara signifikan Kompetensi Kerja terhadap Motivasi Kerja, ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar daripada ttabel, yaitu (3,521 > 1,660) pada signifikansi 0,05 dan nilai signifikansi 0,001. Terdapat pengaruh positif secara signifikan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha, ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar daripada ttabel, yaitu (2,072 > 1,660) pada signifikansi 0,05 dan nilai signifikansi 0,041. Terdapat pengaruh positif secara signifikan Kompetensi Kerja terhadap Minat Berwirausaha, ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar daripada ttabel, yaitu (2,486 > 1,660) pada signifikansi 0,05 dan signifikansi 0,015. Terdapat pengaruh positif secara signifikan Motivasi Kerja terhadap Minat Berwirausaha. ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar daripada ttabel, yaitu (7,252 > 1,660) pada signifikansi 0,05 dan nilai signifikansi sebesar 0,000.