Pengaruh Model Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Siswa Kelas X Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan Di SMK Negeri 2 Binjai
Daftar Isi:
- Telah dilakukan penelitian Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa pada materi elemen struktur di Kelas X SMK Negeri 2 Binjai Sumatera Utara T.P 2020/2021, dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Inquiry Training dan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian adalah quasi experiment, dan pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X DPIB 2 dengan model inquiry training yang berjumlah 32 orang, dan X DPIB 1 dengan model kovensional yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa berjumlah dua puluh soal dalam bentuk pilihan berganda dan diberikan sebanyak 2 kali yaitu pre-test dan pos-test. Dari analisa data untuk hasil belajar kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretest 31,406 dan postest 85,46. Kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest 30,909 dan postest 72.272. Hasil analisis data menggunakan uji t satu pihak menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswapada materi pokok elemen struktur.