Daftar Isi:
  • Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana strategi pendampingan belajar anak di rumah selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pendampingan belajar anak di rumah selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dengan kriteria yang ditetapkan dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa strategi pendampingan anak belajar di rumah ada 5 yaitu: 1) Menyediakan fasilitas belajar 2) Mengawasi kegiatan belajar anak di rumah 3) Mengawasi penggunaan waktu belajar anak di rumah 4) Mengawasi kesulitan yang dihadapi anak dan 5) Menolong anak dalam mengatasi kesulitan belajar. Terkait dengan ke -5 strategi pendampingan belajar tersebut bahwa para orangtua telah melakukan pendampingan belajar secara aktif, meskipun masih didominasi oleh para ibu. Ibu berusaha bergabung dan memberikan pengajaran, pemantauan dan pengawasan di sela-sela kesibukannya mencari nafkah. Pendampingan orangtua dalam mempersiapkan belajar anak merupakan upaya orangtua untuk mendampingi, memberikan bantuan, dalam mengatasi masalah anak ketika belajar, memberikan dukungan, memberikan inspirasi, dorongan, pengawasan dan memberikan fasilitas kepada anak supaya anak tetap semangat belajar.