Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertolak dari masalah keterbatasan media pembelajaran berupa buku paket bahasa Indonesia yang tidak dimiliki oleh semua siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan pengembangan media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk media pembelajaran cerita pendek berbasis video scribe di kelas XI SMK Negeri 1 Sidikalang, (2) mendeskripsikan kelayakan video scribe sebagai media pembelajaran materi cerita pendek di kelas XI SMK Negeri 1 Sidikalang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development(R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, hasil produk. Adapun hasil penelitian ini adalah telah dihasilkan produk media pembelajaran video scribe pada materi cerita pendek kelas XI dengan persentasi kelayakan 96.19% dari ahli materi, 98% dari ahli desain , 99,04% berdasarkan respon guru. Berdasarkan hal ini, maka dapat diketahui, produk media pembelajaran video scribe yang telah dikembangkan secara keseluruhan secara keseluruhan dapat dikategorikan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran khususnya pada materi cerita pendek bagi siswa dan siswi kelas XI SMK Negeri 1 Sidikalang tahun pembelajaran 2020/2021.