Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Pada Tema 7 Subtema 1 Kelas 4 SD Negeri 064973 T.A 2021/2022”
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah minimnya penggunaan media berbasis teknologi, nilai UTS siswa banyak yang belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan efektivitas Media pembelajaran Menggunakan Canva. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Reseach and Devolpment) yang menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan penelitian , yaitu tahap analisis (analysis), desain (design), evaluasi (evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN 064973. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu intrumen wawancara guru, angket validasi materi dan media, angket praktisi pendidikan (guru) dan soal tes. Hasil penelitian pengembangan dari Media Pembelajaran menggunakan aplikasi Canva pada tema 7 subtema 1 pembelajaran 1, menunjukkan hasil validasi oleh validator ahli materi mendapatkan skor 96 dengan hasil persentase 96% kategori “sangat layak”dan hasil validasi desain oleh validator ahli media memperoleh skor 90 dengan hasil persentase 90% kategori “sangat layak”. Uji praktikalitas oleh praktisi pendidika memperoleh hasil skor 96 dengan persentase 96 % kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan uji keefektifan Media Pembelajaran bahwa hasil dapat diketahui setelah menggunakan Media Pembelajaran dengan aplikasi Canva yang dikembangkan, nilai siswa meningkat dari awal sebelum menggunakan media pembelajarn dengan aplikasi canva siswa medapat nilai rata-rata 53,75 meningkat menjadi 88,57.