Kontribusi Penguasaan Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Namorambe Tahun Pembelajaran 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan untuk mengetahui kontribusi penguasaan struktur dan kaidah kebahasaan teks ulasan terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Namorambe. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII, 7 kelas sebanyak 210 Siswa. Pengambilan sampel, teknik acak (cluster random sampling): kelas VIII-7 sebanyak 30 Siswa. Metode Korelasional (ex post facto). Pengumpulan data, Instrumen tes. Intrumen tes penelitian yang digunakan tes pilihan berganda untuk penguasaan struktur dan kaidah kebahasaan, tes essay untuk kemampuan menulis teks ulasan. Uji instrumen penelitian Uji Validitas dan Reliabilitas. Untuk menganalisis data menggunakan uji normalitas, linearitas dan persamaan regresi berganda, untuk menguji hipotesis rumus uji t dan f serta koefisien determinasi. Hasil penelitian penguasaan siswa terhadap struktur teks ulasan 70,0% kategori sangat baik, 13,0% kategori baik, dan 16,0% kategori cukup. Penguasan siswa terhadap kaidah kebahasaan teks ulasan 60,0% kategori sangat baik, 30,0% kategori cukup, dan 10,0% katagori terendah. Kemampuan siswa menulis teks ulasan 60% kategori sangat baik, 30,0% kategori cukup, dan 10,0% kategori kurang. Tidak ada kontribusi penguasaan struktur teks ulasan terhadap kemampuan menulis teks ulasan. Kontribusi penguasaan kaidah kebahasaaan teks ulasan terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa 8%, dan kontribusi penguasaan struktur dan kaidah kebahasaan teks ulasan terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa 8% , sisanya 92% dipengaruhi variabel lain. Keberhasilan dalam menulis teks ulasan tidak sepenuhnya menguasai struktur, semakin tinggi penguasaan kaidah kebahasaan teks ulasan maka semakin baik kemampuan siswa dalam menulis. Faktor lain mendukung keberhasilan dalam kemampuan menulis teks ulasan. Melalui penelitian ini pendidik mengetahui kemampuan siswa khususnya dalam menulis teks ulasan.