Penerapan Model Kooperatif Learning Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Kelas VA SD 101768 Tembung T.A 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa di kelas V.A dengan menggunakan model Kooperatif Learning Tipe Talking Stick.dalam penelitian ini metode penelitiannya yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang betujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika dan memiliki dua siklus dimana masing-masing terdiri dari empat tahap, tekhnik pengumpulan data dilakukan. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam 4 tahap yaitu : Perencanaan (plan) ,Tindakan (act), Pengamatan (observe),Refleksi. Pada tahap perencanaan, peneliti merancang tindakan yang akan dilakukan dalam penelitian, yaitu meliputi pra siklus, menentukan tujuan pembelajaran, membuat rencana pembelajaran, merancang instrumen dalam penyampaian materi, membuat lembar observasi dan alat evaluasi untuk mengevaluasi hasil pembelajaran. Pada tahap tindakan, guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sebagaimana yang telah direncanakan sebelumnya, yaitu kegiatan pembelajaran menggunakan spying method. Pelaksanaan tindakan bersifat fleksibel dan terbuka terhadap perubahanperubahan sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan. Selain itu, peneliti mengamati keaktifan siswa dalam proses belajar sesuai dengan lembar pengamatan yang telah dipersiapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dapat diketahui bahwa pada hasil siklus, dari 30 siswa terdapat 17 orang dengan persentase ketuntasan (57%) yang mendapat nilai tuntas dan 13 siswa tidak tuntas dengan persentase ketuntasan (43%). Sedangkan pada siklus II di peroleh 28 siswa yang tuntas dengan presentase 93% dan 2 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase 7% pada materi Operasi Hitung Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Berdasarkan hasil tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus tersebut pada siswa V SD Negeri 101768 Tembung T.A 2021/2022, dapat dinyatakan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Operasi Hitung Penjumlahan,Pengurangan, Perkalian dan Pembagian di kelas V SD Negeri 101768 Tembung T.A 2021/2022, dimana 70% dari keseluruhan jumlah siswa dapat mengikutiproses belajar dengan baik dan telah mencapai nilai rata-rata 70.