PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR KELAS X DI SMK BUDI AGUNG MEDAN
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas X di SMK Budi Agung Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar pada mata pelajaran akuntansi keuangan kelas X Di SMK Budi Agung Medan dan untuk mengetahui pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar pada mata pelajaran akuntansi keuangan kelas X Di SMK Budi Agung Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Budi Agung Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Budi Agung Medan yaitu sebanyak 66 siswa. Teknik pengambilan sampel digunakan yaitu total sampling dimana seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini yang berjumlah 66 siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan SPSS 22. Teknik pengumpulan data ini menggunakan angket kuisioner, wawancara, sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data-data diantaranya berupa daftar nilai dan jumlah siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Dari hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 181,784 + 1,149 X1 + 1,287 X2 . Berdasarkan uji hipotesis secara parsial menunjukkan, ada pengaruh positif dan signifikan Perhatian Orang Tua (X1) terhadap hasil belajar dengan nilai