Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas, kepraktisan dan keefektifan modul pembelajaran yang dikembangkan. Modul pembelajaran listrik dinamis berbasis STEM (science,technology, Engineering and mathematics) telah dirancang dan dikembangkan. Sampul dan isi modul didesain semenarik mungkin untuk memudahkan guru mengarahkan siswa dalam belajar fisika. Selain itu, melalui modul ini siswa diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi terkait listrik dinamis. Penilaian terhadap modul dilakukan untuk mengetahui apakah modul tersebut layak, praktis dan efektif untuk digunakan. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Ada lima aspek untuk mengukur kevalidan modul ini meliputi aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, elemen STEM, dan kelayakan kegrafikan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA1 SMA Negeri 1 LumbanjuluKabupaten Toba. Berdasarkan Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Modul pembelajaran listrik dinamis berbasis STEM dengan menggunakan model ADDIE telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Dan dapat diterapkan sebagai Modul pembelajaran Listrik Dinamis berbasis STEM. Berdasarkan hasil penilaian media dan materi pembelajaran didapatkan bahwa modul sangat layak (sangat setuju) untuk digunakan dalam pembelajaran listrik dinamis di sekolah.