Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar mata kuliah Pengantar Ekonomi Makro antara mahasiswa yang diajarkan melalui PBL dengan mahasiswa yang diajarkan dengan model konvensional; (2) Mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar mata kuliah pengantar ekonomi makro antara mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal tinggi dengan mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal rendah; (3) Mengetahui ada atau tidaknya interaksi antara jenis kecerdasan dengan model pembelajaran dalam mempengaruhi hasil belajar; (4) Mengetahui apakah mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal tinggi memiliki hasil belajar yang lebih tinggi ketika diajarkan dengan model PBL; dan (5) Mengetahui model apa yang paling cocok diterapkan pada mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal tinggi dan interpersonal rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Sampel penelitian adalah mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Digital Universitas Negeri Medan. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Faktorial ANOVA. Setelah eksperimen selesai dilaksanakan, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar mata kuliah Pengantar Ekonomi makro antara mahasiswa yang diajarkan melalui PBL dengan mahasiswa yang diajarkan dengan model konvensional; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar mata kuliah pengantar ekonomi makro antara mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal tinggi dengan mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal rendah; (3) Terdapat interaksi antara jenis kecerdasan dengan model pembelajaran dalam mempengaruhi hasil belajar; (4) Mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal tinggi memiliki hasil belajar yang lebih tinggi ketika diajarkan dengan model PBL; dan (5) Mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan interpersonal rendah memiliki hasil belajar yang lebih tinggi ketika diajarkan dengan model konvensional.