Pengaruh Strategi Pembelajaran STAS Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Sikap Terhadap Matematika Pada Siswa SMP Negeri 3 Sibolga
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan sikap matematik siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) apakah terdapat pengaruh kemampuan kemunikasi matematik yang diajar dengan strategi pembelajaran STAD dan strategi pembelajaran konvensional, (2) apakah terdapat pengaruh sikap matematik yang diajar dengan strategi pembelajaran STAD dan strategi pembelajaran konvensional, (3) apakah terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan kemunikasi matematik siswa, (4) apakah terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap sikap matematik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sibolga yang terdiri dari 5 kelas paralel. Dari seluruh siswa kelas VII dipilih siswa sebanyak 2 kelas sebagai sampel. Kelas eksperimen diberi perlakukan pembelajaran STA dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan proses jawaban siswa. Analisis inferensial data dilakukan dengan menganalisis Anava Dua Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematik yang diajar dengan strategi pembelajaran STAD dan strategi pembelajaran konvensional, (2) Terdapat pengaruh sikap matematik yang diajar dengan strategi pembelajaran STAD dan strategi pembelajaran konvensional, (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan komunikasi matematik matematis siswa, (4) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap sikap matematik siswa.