Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Novel Tapak Jejak karya Fiersa Besari dan mendeskri psikan relevansi Novel Tapak Jejak karya Fiersa Besari terhadap Bahan Bacaan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bangun Purba. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel yang berjudul Tapak Jejak yang terbit pada tahun 2019 Cetakan pertama dengan 310 halaman. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu teknik studi pustaka dan teknik baca catat. Instrumen penelitian dilakukan dengan merujuk pada 18 nilai pendidikan karakter menurut Kemdiknas. Hasil analisis terhadap nilai pendidikan karakter dalam novel Tapak Jejak karya Fiersa Besari menunjukkan adanya 16 nilai pendidikan karakter diantaranya, nilai pendidikan karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan dan peduli sosial. Selain itu, (i) berdasarkan kompetensi, novel Tapak Jejak karya Fiersa Besari relevan digunakan sebagai bahan ajar di kelas XI melalui KD 3.11 dan 4.11 pada kelas XII melalui KD 3.9 dan 4.9 (ii) aspek bahasa, penggunaan bahasa mudah dipahami , (iii) aspek psikologi, siswa dapat mengambil nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari, yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter untuk siswa SMA (iv) aspek budaya, menceritakan latar belakang budaya kehidupan keluarga yang mudah dipahami siswa.