Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Video Animasi pada Materi Teks Persuasi Kelas VIII SMP Negeri 7 Pematangsiantar
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan bahan ajar berbasis video animasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok pembahasan teks persuasi dengan metode RnD; 2) menganalisis kelayakan video animasi sebagai bahan ajar pada pelajaran Bahasa Indonesia pokok pembahasan teks persuasi di kelas VIII SMP Negeri 7 Pematangsiantar. Metode pengembangan yang digunakan yaitu metode RnD dari Borg and Gall. Tahapan pengembangan meliputi analisis kebutuhan, melakukan pengumpulan data, mendesain produk pengembangan, melakukan validasi, revisi produk, dan uji coba skala kecil. Pengembangan divalidasi oleh tiga validator yakni ahli materi dengan penilaian mencapai 88% masuk dalam kategori sangat layak, validasi ahli media dengan penilaian mencapai 82% masuk kategori sangat layak, validasi guru mata pelajaran mencapai angka 91% kategori sangat layak, dan uji coba kelayakan skala kecil sebanyak 15 siswa dengan rata rata penilaian mencapai 93% yang berarti masuk dalam kategori sangat layak. Dari keseluruhan penilan kelayakan bahan ajar yang sudah dipaparkan, bahan ajar berbasis video animasi pada materi teks persuasi kelas VIII ini memiliki kualitas layak dan dapat diterima sebagai salah satu bahan ajar dengan kategori sangat layak (valid).