Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penguasaan struktur teks negosiasi siswa kelas X Madrasah Aliyah Daarul Muhsinin, (2) penguasaan kaidah kebahasaan teks negosiasi siswa kelas X Madrasah Aliyah Daarul Muhsinin, (3) Kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X Madrasah Aliyah Daarul Muhsinin, (4) Kontribusi penguasaan struktur dan kaidah kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks negosiasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Daarul Muhsinin tahun pembelajaran 2020/2021 yang terdiri atas 35 siswa. Penelitian ini terdiri atas tiga variabel yaitu (1) penguasaan struktur teks negosiasi, (2) penguasaan kaidah kebahasaan teks negosiasi, dan (3) kontribusi penguasaan struktur dan kaidah kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks negosiasi. Penelitian ini merupakan penelitian sebab akibat. Pada penelitian ini diketahui tingkat validasi, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Analisis pada penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment dan regresi berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penguasaan struktur teks negosiasi siswa kelas X Madrasah Aliyah Daarul Muhsinin tahun pembelajaran 2020/2021 tergolong sedang. Penguasaan kaidah kebahasaan juga tergolong sedang. Serta kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X juga sedang. Adapun kontribusi penguasaan struktur dan kaidah kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X tahun pembelajaran 2020-2021 yaitu sebesar 0,3376 atau 34%.