Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kecanduan bermain game Mobile Terhadap Disiplin Belajar Siswa Mengikuti Pembelajaran Daring Kelas XI SMA Swasta Budi Satria Medantahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Budi Satria Medan yang berjumlah 148 dan jumlah sample 108 siswa dengan teknik pengambilan sampling Sample Ramdom Sampling. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan angket/kuisioner kecanduan bermain game mobile yang berjumlah 22 item pernyataan dan 23 item pernyataan disiplin belajar yang telah valid dan reliable kemudian sebelum dilakukan uji hipotesis menggunakan rumus product moment maka dilakukan uji asumsi dengan menggunakan uji normalitas kalmograv-smirnov dan uji linearitas. Dari analisis data yang telah dilakukan menggunakan product moment diperoleh nilai sig deviation from liniearity 0,360 > 0,05 yang artinya terdapat hubungan linear secara signifikan antara variabel Kecanduan bermain game Mobile (X) dengan variabel Disiplin Belajar (Y). diperoleh nilai Fhitung adalah 1,101 < Ftabel 3,93. besarnya nilai korelasi atau hubungan (R) yaitu 0,683. Dari tabel tersebut diperoleh koefisien determinasi (R square) 0,466 yang artinya pengaruh variabel bebas Kecanduan bermain game Mobile (X) terhadap variabel terikat Disiplin Belajar (Y) sebesar 46,6%.