Kemampuan Menulis Teks Fabel pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan menulis teks fabel pada siswa kelas VII SMP Swasta Budisatrya Medan tahun pembelajaran 2020/2021. Kemampuan menulis teks fabel tersebut perlu dideskripsikan untuk memperoleh hasil analisis yang jelas tentang masalah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Budisatrya Medan tahun pembelajaran 2020/2021 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 111 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling (acak) dan terpilih kelas VII-1dengan jumlah siswa 23 orang. Instrumen penelitian yang digunakan ialah tes essai. Tes essai yang dimaksud adalah menulis teks fabel dengan menggunakan struktur dan unsur kebahasaannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penugasan. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menulis teks fabel berdasarkan aspek struktur skor rata-rata 76,95 %, unsur kebahasaan skor rata-rata 55,21%. Jadi hasil menunjukkan bahwa kelas VII SMP Swasta Budisatrya Medan dalam menceritakan kembali dikategorikan baik dengan jumlah skor rata-rata dari kedua aspek tersebut adalah 73,47%.