Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok teknik restrukturisasi kognitif terhadap kecemasan akademik siswa kelas XI SMA Negeri 5 Binjai Tahun Ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pretest-postest group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas XI IIS 2 yang memiliki skor kecemasan akademik yang tinggi. Data penelitian dikumpulkan dengan angket kecemasan akademik siswa yang berjumlah 37 item pernyataan yang telah valid dan reliabel, reliabilitas instrumen tersebut adalah 0,928. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok. Data dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian layanan konseling kelompok teknik restrukturisasi kognitif terhadap kecemasan akademik siswa. Maka diperoleh perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 117,25 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 57,25. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung = 6 sedangkan Jtabel = 4. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n = 8, α = 0,05 sesuai kriteria dengan penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel dimana 6 > 4, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis yang berbunyi ada pengaruh konseling kelompok teknik restrukturisasi kognitif terhadap kecemasan akademik siswa kelas XI SMA Negeri 5 Binjai Tahun Ajaran 2021/2022 dapat diterima.