Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kepatuhan terhadap tata tertib sekolah kelas VIII-8 SMP Negeri 7 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-8 yang memiliki kepatuhan tata tertib sekolah dalam kategori rendah yaitu sebanyak 8 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK). Peneliti menggunakan salah satu teknik dalam layanan bimbingan kelompok yaitu teknik role playing. Peneliti melakukan II siklus. Pada siklus I hasil uji kepatuhan tata tertib siswa memperlihatkan bahwa 3 orang siswa yang sebelumnya berkategori rendah berubah menjadi kategori tinggi, dan terdapat 5 orang siswa yang awalnya dalam kategori rendah berubah menjadi kategori sedang. Namun peningkatan tersebut belum mencapai ambang batas keberhasilan yaitu 75%, maka peneliti melanjutkan ke siklus II dengan melakukan beberapa perbaikan atas kekurangan yang peneliti temukan saat melakukan siklus I. Hasil uji pada siklus II sangat memuaskan yaitu seluruh siswa yang menjadi subjek penelitian memperoleh kategori tinggi.