Pengaruh Konseling Kelompok Pendekatan Rational Emotive Behavior Theraphy Terhadap Self Regulated learning Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Binjai Tahun Ajaran 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh konseling kelompok pendekatan rational emotive behavior theraphy terhadap self regulated learning dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Binjai Tahun Ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pretest-posttestgroup design. Subjek dalam penelitian ini adalah 9 orang siswa kelas X MIA-1 yang memiliki skor self regulated learning yang rendah. Data penelitian dikumpulkan dengan angket self regulated learningsiswa dalam pembelajaran daring selama Covid-19 berjumlah 38 item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Angket diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian konseling kelompok pendekatan rational emotive behavior theraphy terhadap self regulated learning siswa dalam pembelajaran daring selama Covid-19. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata=rata = 64,3 sedangkan data post-test diperoleh rat-rata = 123. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung = 15 sedangkan Jtabel = 4. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n=8, α=0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakkan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel dimana 15 > 4, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakukan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh konseling kelompok pendekatan rational emotive behavior theraphy terhadap self regulated learning dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Binjai Tahun Ajaran 2021/2022.