Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap perilaku agresif siswa kelas XI SMA Swasta Budi Agung Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pretest-posttest group design. subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas XI yang memili skor perilaku agreif yang tinggi. Data penelitian dikumpulkan dengan angket perilaku agresif berjumlah 35 item pertanyaan yang telah valid dan reliabel. Angket diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Data dianalisis menggunakan uji wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap perilaku agresif siswa. Dari hasil perhitungan diperoleh skor test awal (pre-test) dengan skor rata-rata = 9,91 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 85 hasil uji jenjang wilcoxon diperoleh Jhitung = 10 sedangkan Jtabel = 8. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda wilcoxon untuk n=10, α=0,05 sesuai dengan karakteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel dimana 10 > 8 dari perhitungan ini dapat dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis diterima. Hal ini menunjukan ada pengaruh bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap perilaku agresif siswa kelas XI SMA Swasta Budi Agung Medan Tahun Ajaran 2021/2022.