Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis efektivitas pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas VIII SMP Negeri 4 Tanjung Morawa. Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan tiga siswa kelas VIII-A. metode penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menggunakan analisis data model dari Miles dan Huberman bahwa Siswa masih belum bisa menyesuaikan diri dengan system pelaksanaan belajar dari rumah salah satu faktor penyebabnya adalah siswa kesulitan untuk berkonsentrasi pada saat mengerjakan tugas yang diberikan guru. Salah satu faktor siswa sulit berkonsentrasi karena tidak adanya peran orang tua dalam mengawasi atau mendampingi anaknya belajar serta tidak menciptakan kondisi belajar yang nyaman dan menyenangkan untuk itu siswa jadi sulit untuk berkonsentrasi dalam pembelajaran. dan Siswa tidak hanya mengerjakan pekerjaan rumah tanpa mengetahui penjelasan materi yang diberikan, ada beberapa tugas yang diberikan kepada siswa tidak diperjelas materinya dikarenakan materi tersebut sudah pernah di jelaskan oleh guru sebelumnya ketika materi belum pernah dijelaskan maka guru akan mencari materi dari youtube dan membagikan link kepada siswa sehingga siswa bisa melihat dan mengetahui materinya dan bisa mengerjakan tugas yang diberikan guru tersebut.