Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertolak dari model pembelajaran yang dilakukan cenderung berpusat pada pembelajaran konvensional dan masih sedikit melakukan pengembangan model pembelajaran dalam kegiatan proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan pengembangan Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Indikator Berpikir Kreatif pada Pendidikan Sekolah Dasar? (2) Menghasilkan validitas Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Indikator Berpikir Kreatif pada Pendidikan Sekolah Dasar? (3) Menghasilkan efektivitas Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Indikator Berpikir Kreatif pada Pendidikan Sekolah Dasar? Penelitian dilaksanakan di SD UPT SPF 101788 dan UPT SPF 101789 Marindal I Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang. Metodologi yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and developmental/R&D). Produk yang dihasilkan, yaitu: RPP, BPG, BPS, LAS, BM, THB divalidasi oleh ahli desain, ahli bahasa, dan ahli model, kemudian dilanjutkan uji perorangan, uji kelompok kecil dan kelompok lapangan. Pengujian keterlaksanaan model pembelajaran tematik terpadu kemudian dilanjutkan dengan uji efektivitas. Temuan penelitian ini: (1) Model pembelajaran yang ditemukan adalah model pembelajaran tematik terpadu berbasis indikator berpikir kreatif. Tingkat kevalidan isi dan konstruk Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Indikator Berpikir Kreatif memperoleh kategori valid. (2) Tingkat kepraktisan Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Indikator Berpikir Kreatif memperoleh nilai IO = 4,5 kategori tinggi. (3) Tingkat keefektifan Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Indikator Berpikir Kreatif dipengaruhi oleh 4 aspek, yakni: kemampuan guru mengelola pembelajaran memperoleh nilai 3,43 kategori sedang, kreativitas siswa memiliki nilai proporsi = 2,66 kategori sedang, aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata 21% kategori tinggi, aktivitas guru memiliki rata-rata 50%.