Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk merancang, menghasilkan dan mengetahui kelayakan dari Lembar Kerja Peserta Didik berbasis STEM (Sains, Technology, Engineering, Mathematics) pada materi Sistem Ekskresi Manusia. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan desain penelitian menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Dessiminate). Subjek dalam penelitian ini adalah Ahli Materi, Ahli Pembelajaran, Ahli Desain, Guru Biologi dan peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Tebing Tinggi yang berjumlah 22 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument berupa lembar penilaian validasi ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain, penilaian guru dan respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis STEM yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh presentase rata-rata 85 % dengan kriteria sangat layak, penilaian ahli pembelajaran diperoleh persentase rata-rata 89 % dengan kriteria sangat layak, penilaian ahli desain diperoleh persentase rata-rata 92 % dengan kriteria sangat layak, penilaian guru biologi diperoleh persentase 98 % dengan kriteria sangat layak. dan respon peserta didik diperoleh persentase 90 % dengan kriteria baik dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji coba kelayakan LKPD dilakukan dengan uji coba kelompok terbatas kepada 22 peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Tebing Tinggi dengan jumlah presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 86,36 % dengan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 19 orang. LKPD berbasis STEM pada materi Sistem Ekskresi Manusia yang telah dikembangkan memperoleh kriteria “Sangat Layak” dan telah memenuhi persyaratan kelayakan digunakan dalam proses pembelajaran Biologi pada materi Sistem Eksresi Manusia pada kelas XI SMA.