Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Cognitive Restructuring Terhadap Self Confidence Siswa Kelas XI SMA Budi Agung Tahun Ajaran 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kepercayaan diri dengan menggunakan Konseling Kelompok dengan teknik Cognitive Restructuring dalam meningkatkan kepercayaan diri pada siswa kelas XI SMA Swasta Budi Agung Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu atau Quasi experimental. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 8 orang siswa kelas XI yang memiliki kepercayaan diri rendah. Data penelitian dikumpulkan dengan angket kepercayaan diri berbicara di depan kelas yang berjumlah 35 item yang telah valid dan reliable. Angket diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik Cognitive Restructuring. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh positif dan signifikan pemberian layanan konseling kelompok teknik Cognitive Restructuring. Hal ini dapat diperoleh hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai Jhitung = 8 dengan α = 0,05 dan N = 8 maka diperoleh nilai Jtabel = 4. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon diperoleh hasil bahwa Jhitung> Jtabel dimana 8 > 4, artinya hipotesis diterima. Data pre-test kepercayaan diri atau sebelum diberikan layanan konseling kelompok teknik teknik Cognitive Restructuring diperoleh skor rata-rata sebesar 51,875 sedangkan data post-test kepercayaan diri atau setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik Cognitive Restructuring diperoleh skor rata-rata sebesar 102,12. Artinya terjadi perubahan tingkat kepercayaan diri dengan selisih skor 50,25 atau sebesar 49,20%. Hal ini menunjukkan ada pengaruh layanan konseling kelompok teknik self control terhadap kepercayaan diri berbicara didepan kelas pada siswa kelas XI SMA Swasta Budi Agung Tahun Ajaran 2021/2022 atau hipotesis dapat diterima.