Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) dengan Video Pembelajaran pada materi Daur Ulang Limbah Plastik dan mengetahui tingkat kelayakan LKPD serta mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap LKPD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Perancangan LKPD dilakukan dengan menggunakan desain pengembangan instruksional model 4-D yaitu melalui tahap define, design, develop, dan disseminate yang dibatasi sampai tahap uji coba kelompok terbatas. Sampel penelitian adalah siswa kelas X M IA SMA Swasta Laksamana Martadinata Medan yaitu penilaian perorangan sebanyak 3 orang, penilaian kelompok kecil sebanyak 9 orang dan penilaian kelompok terbatas adalah siswa kelas X MIA 1 sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berupa lembar uji kelayakan yang dilakukan terhadap ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain serta lembar tanggapan guru biologi dan tanggapan siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penilaian LKPD oleh Ahli Materi menunjukkan persentase rata-rata 91% dengan kriteria sangat layak, Ahli Pembelajaran 94% dengan kriteria sangat layak, dan Ahli Desain 94% dengan kriteria sangat layak. Hasil tanggapan guru biologi diperoleh persentase rata-rata 97,70 % dengan kriteria sangat layak dan hasil tanggapan siswa diperoleh persentase rata-rata 94,86% kriteria penilaian baik. Hasil dari penggunaan LKPD berbasis STEAM diperoleh ketuntasan belajar klasikal siswa diperoleh skor rata-rata 86,66% dengan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 26 orang. Sehingga secara keseluruhan LKPD berbasis STEAM dengan video pembelajaran materi Daur Ulang Limbah Plastik sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran biologi pada materi Daur Ulang Limbah Plastik.