Daftar Isi:
  • Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Tujuan penelitian ini adalah menghubungkan resiliensi dengan stres akademik selama pembelajaran tatap muka terbatas siswa kelas XI IPS SMA N 12 Medan Tahun Ajaran 2021/2022 Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling dengan mengambil 25% dari seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 12 Medan. Besar sampel adalah 30 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Validitas angket diperoleh dengan product moment correlation serta uji reliabilitas diperoleh dengan uji Cronbach alpha. Uji hipotesis menggunakan rumus product moment dari pearson dengan bantuan SPSS20 for windows. Hasil analisis menunjukan r = 0.605 dan Rsquare = 0,366 serta nilai siginifikansi 0,000 (p < 0,05). Berdasarkan hasil ini dikemukakan hipotesis penelitian: “terdapat hubungan resiliensi dengan stres akademik”. Mengingat hubungan ini negatif sebesar -.605 maka dapat dikemukakan resiliensi berhubungan dengan stres akademik pada pembelajaran tatap muka terbatas siswa SMA N 12 Medan diterima. Disarankan pada pembelajaran tatap muka terbatas dilaksanakan secara simultan dengan peningkatan resiliensi siswa sehingga stres akademik siswa dapat dikendalikan.