Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan materi pembelajaran teks prosedur bermuatan budaya lokal menggunakan lectora inspire oleh siswa SMP Negeri 1 Nibung Hangus. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan berdasarkan model pengembangan 4-D. Dengan Subjek uji coba terdiri dari siswa kelas VII SMP negeri 1 Nibung Hangus. Hasil penelitian menunjukkan validasi dari ahli materi meliputi kelayakan isi sebesar 86,3%, pelayakan penyajian materi pembelajaran 85,4% kategori baik, aspek penilaian bahasa 83,3% . Validasi ahli desain meliputi desain awal 85,7%, desain isi 82,1%, tipografi modul digital 83,3, dan ilustrasi 91,6%. Uji coba terbatas memperoleh skor 81,4%. Uji coba diperluas memperoleh skor 94,6%. Hasil keefektifan materi pembelajaran teks prosedur bermuatan budaya lokal menggunakan lectora inspire diperoleh dari hasil penelitian uji keefektifan produk berdasarkan pretest dan posttes Hasil pretest siswa sebelum menggunakan lectora inspire pada teks prosedur bermuatan budaya lokal dengan rata-rata 66% pada kriteria “cukup” dan untuk nilai siswa sesudah menggunakan lectora inspire pada teks prosedur bermuatan budaya lokal adalah 81% pada kriteria “baik” dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan materi pembelajaran teks prosedur bermuatan budaya lokal menggunakan lectora inspiredapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini memiliki implikasi yaitu produk yang dikembangkan akan memberi sumbangan praktis terutama dalam pelaksaan proses pembelajaran bagi guru sebagai bahan ajar tambahan untuk memberi kemudahan pada materi yang sedang diajarkan dapat mandiri maupun klasikal. Selanjutnya bagi siswa dapat meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya dalam kegiatan menulis teks prosedur.