Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran teks cerita rakyat yang dikaitkan dengan budaya kearifan lokal Sumatera Utara bermuatan pendidikan karakter, terkhusus cerita rakyat wisata yang ada di Sumatera Utara. Penelitian ini menghasilkan produk berbentuk bahan ajar teks cerita rakyat bermuatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) untuk mendeskripikan proses pengembangan bahan ajar teks cerita rakyat bermuatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal Sumatera Utara, 2) untuk Mendeskripsikan kelayakan bahan ajar teks cerita rakyat bermuatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal Sumatera Utara, dan 3) untuk mendeskripsikan efektivitas bahan ajar teks cerita rakyat bermuatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal Sumatera Utara. Kebermanfaat bahan ajar teks cerita rakyat bermuatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal Sumatera Utara memiliki kriteria baik sebagai buku pendamping pembelajaran Bahasa Indonesia dengan rata-rata 81,14%. Hasil validasi ahli materi secara keseluruhan mendapat 88,08% dengan kategori sangat baik. Terkait penilaian isi mendapat 88,79% dengan katagori sangat baik, kelayakan penyajian mendapatkan 88,54% dengan katagori sangat baik, penilaian bahasa mendapatkan 87,5% dengan kriteria baik, penilaian kesesuaian tema dengan bahan ajar yang dikembangkan mendapatkan 87,5% dengan kriteria sangat baik. Hasil penilaian desain mendapatkan 81,03% dengan katagori baik. Penelitian ini memiliki implikasi yaitu bahan ajar yang dikembangkan akan memberi sumbangan praktis dalam pelaksanaan proses pembelajaran bagi guru, dan bahan ajar ini dapat digunakan sebagai bahan ajar tambahan untuk memberi kemudahan dalam menyampaikan materi yang diajarkan.