Pengaruh Konseling Kelompok Melalui Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy Terhadap Kecemasan Sosial Siswa SMA Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok melalui pendekatan cognitive behavioral therapy terhadap kecemasan sosial siswa SMA Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pretest-posttest group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas XI yang memiliki skor kecemasan sosial tinggi. Instrumen yang digunakan adalah angket kecemasan sosial. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian konseling kelompok melalui pendekatan cognitive behavioral therapy terhadap kecemasan sosial siswa. Hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 89 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 69. Hasil uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diproleh Jhitung = 6 sedangkan Jtabel = 4. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n = 8, α =0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel dimana 6>4, dari perhitungan ini dapat dilihat dari perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh konseling kelompok melalui pendekatan cognitive behavioral therapy terhadap kecemasan sosial siswa SMA Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2020/2021.