Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar siswa secara visual, auditori dan kinestetik dengan hasil belajar biologi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang digunakan untuk mengetahui besarnya hubungan gaya belajar kinestetik, auditori dan kinestetik terhadap hasil belajar siswa. Kuesioner gaya belajar siswa yang digunakan sudah divalidasi oleh validator ahli sehingga dapat digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis data koefisien korelasi antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada uji Korelasi Bivariate Pearson diperoleh nilai signifikansi pada gaya belajar visual 0.006 < 0.05. gaya belajar auditori 0.004 < 0.05 dan gaya belajar kinestetik 0.007 < 0.05 yang berarti Ha diterima H0 ditolak, dalam arti bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan hasil belajar siswa. Dan hasil nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini adalah 64.32% yang dapat diartikan bahwa gaya belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 64.32%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa gaya belajar siswa sangat berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa.